FORUM KONSERVASI MACAN TUTUL JAWA
Back
Warga Lumbung Sukarela Serahkan Macan Kumbang ke BKSDA
Author keny
Tuesday - August 18, 2015 8:35 pm
Warga Lumbung Sukarela Serahkan Macan Kumbang ke BKSDA
CIAMIS, (PRLM).- Setelah melalui perdebatan alot, akhirnya macan kumbang yang ditangkap oleh warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Ciamis.
 
Mengantisipasi binatang buas lainnya masuk ke perkampungan, BKSDA bersama aparat keamanan setempat dan warga mengusir hewan lainnya agar kembali masuk kawasan hutan konservasi Gunung Sawal.
 
"Memang sebelumnya sempat terjadi pembicaraan yang alot, termasuk muncul kompensasi sampai Rp 100 juta. Akan tetapi setelah melalui pendekatan persuasif dan membuka wawasan, akhirnya warga dengan sukarela menyerahkan macan kumbang tersebut," kata Kepala Bidang BKSDA Wilayah III Ciamis , Djundjun Nurdjaman, Selasa (18/8/2015).
 
Dia mengungkapkan, paska ditangkap pada hari Selasa (11/8/2015) kondisi kesehatan macan berkulit hitam legam itu, terus menurun. Hal itu selain disebabkan karena ada luka di bagian kepala, akibat sering membentur kerangkeng besi, juga kurang makan dan minum.
 
"Terus terang, kondisinya sudah sangat memerihatinkan, tidak hanya dehidrasi akan tetapi juga stres. Akhirnya kami mendatangkan dokter hewan. Setelah diberi infus dan suntik vitamin, kondisinya mulai membaik. Setelah diserahkan, langsung dikirim ke lembaga Konservasi Cikembulan di Garut," ungkapnya.
 
Sebelum dilakukan serah terima, dia mengatakan, salah satu keinginan dan permintaan warga adalah agar hewan buas lain yang masih berkeliaran di sekitar wilayah tersebut dihalau kembali masuk hutan.
 
Memenuhi keinginan warga, BKSDA bersama anggota Koramil dan Polsek Lumbung serta warga menghalau harimau.
 
"Berdasar bekas yang ada, setidaknya ada 3 ekor harimau lainnya yang masih berkeliaran. Mengantisipasi hal tidak diinginkan, dan demi ketenangan warga, kami bersama-sama menghalau harimau kembali masuk hutan Gunung Sawal, habitat asli harimau tersebut," kata Djundjun.
 
Dia mengungkapkan pada tahun 2009 warga sempat juga pernah menangkap macan tutul. Macan tersebut kemudian diserahkan ke Lembaga Konservasi Cikembulan. Dalam perawatan sempat melahirkan seekor anak.
 
"Kami memang tidak melupakan jasa warga. Tahun 2010, kami memberi bantuan 40 ekor domba. Untuk yang sekarang ini, kami juga tidak akan lupa, hanya saja kapan realisasinya, tergantung anggaran yang tersedia," kata Djundjun. (nurhandoko wiyoso/A-88)***
 
Sumber: PIKIRAN RAKYAT/PR ONLINE (http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2015/08/18/338855/warga-lumbung-sukarela-serahkan-macan-kumbang-ke-bksda)